Sabtu, 29 Oktober 2011


“Pen Spinning” begitu orang2 menyebutnya, mungkin ga banyak yang kenal [saya juga masih newbie]. Tapi jangan salah, di banyak negara seperti JepangKorea, Hongkong, Amerika, dan Prancis uda banyak ahlinya. Bahkan permainan ini ada world cup-nya juga lho. Pen Spinning itu sebenarnya adalah suatu bentuk manipulasi obyek yang melibatkan manipulasi cekatan dari alat-alat tulis dengan tangan. Pen spinning bisa dikategorikan dengan permainan ketrampilan tangan lainnya seperti finger board, kartu dan sulap.


Sejarah  
Tidak ada informasi tentang asal usul pen spinning. Awal catatan pen spinning berasal dari siswa dalam pra-Perang Dunia II di Jepang (Asahi Shimbun 31 Januari 2008). Sementara beberapa di negara-negara Asia melakukan pen spinning pada 1990-an, ini adalah trik dasar seperti Thumbaround dan PassFinger. Saat ini, ada lebih banyak variasi dan jenis trik, misalnya Shadow, yang Bak, yang Twisted Sonic Bust atau Sonic.
Jumlah pen spinning situs dan forum telah meningkat sejak tahun 2006, membuka papan lebih daerah dari Perancis, JermanTaiwan, Jepang, dan Korea. Turnamen diselenggarakan di Internet dan turnamen hidup diadakan di Jepang dan Korea.


Indonesian Pen Spinning Board 
Pen spinning mulai mewabah di dunia setelah Bonkura, pen spinner asal Jepang mempublikasikannya lewat situs Youtube pada tahun 2006. Dari Youtube pula pen spinning menjadi salah satu permainan yang diminati di Amerika Serikat.
Walaupun banyak yang merasa asing dengan permainan ini, tapi sebenarnya di Indonseia sudah ada forum di Internet yang membahas secara detail seni permainan ini yaitu Indonesian Pen Spinning Board [IPSB].
Ini forum yang membahas mengenai pen spinning di Indonesia. Di forum ini kita bisa menemukan banyak hal yang berhubungan dengan pen spinning. Mulai dari trik, p
ens hingga jual-beli pen,” kata Kevin Kurnia, administrator IPSB.
Anggota IPSB saat ini telah mencapai 1.515 orang. Mereka berasal dari Indonesia dan luar negeri dengan latar belakang yang berbeda. Namun yang paling banyak adalah pelajar dan mahasiswa. Untuk anggota IPSB yang berada di Jabodetabek kerap mengadakan kopi darat yang dilakukan pada hari Sabtu, Minggu ke-2 di Gandaria City. Biasanya kopi darat berlangsung dari pukul 14.00 hingga selesai.


Istilah2 dalam Pen Spinning
Dalam memainkan pen spinning ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai yakni thumbaround, charge, sonic dan finger pass. Semua teknik dasar itu bisa dikuasai  dalam tempo dua minggu. Dengan menguasai permainan pen spinning maka  banyak manfaat yang didapat diantaranya untuk merangsang skill motorik seseorang.
Sebelum belajar menguasai trik2 tersebut, sebaiknya kalian mengenal istilah2 dalam permainan ini.

Trick : 1 Jenis Manipulasi/1 Trik

Hybrid : Gabungan dari sebagian trik dengan sebagian trik/trik lain. Hybrid berada ditengah-tengah Trick dan Combo

Combo : Gabungan dari 2 trik atau lebih

Freestyle : Gabungan dari Combo atau 10 trik lebih

Fundamentals : 3 trik dan 1 combo yang harus dipelajari para pemula

Hand notation : istilah bagi jari-jari kita, slot diantara jari kita, posisi awal dan akhir pensil pada jari kita. Berikut adalah hand notation:

T : Thumb (Jempol/Ibu Jari)

1 : Index (Telunjuk)

2 : Middle (Jari Tengah)

3 : Ring (Jari Manis)

4 : Pinky (Kelingking)

TF : Thumbflap (posisi diantara jempol dan bagian dibawah telunjuk

Palm : Bagian dalam tangan (bagian yang biasa digunakan untuk diramal)

Back : Lawan dari palm (bagian belakan tangan)

T1 : Diapit jempol dan telunjuk

12 : Diapit telunjuk dan jari tengah

23 : Diapit jari tengah dan manis

34 : Diapit jari manis dan kelingking

T12 : Diapit Jempol, Telunjuk, dan jari tengah

23-12: Ini berarti posisi awal pensil ada di 23 dan posisi akhir pensil ada di 12. 

0 komentar: